Sunday 30 August 2015

HTML

World Wide Web

        World Wide Web (WWW), dikenal wen merupakan salah satu layanan yang dipakai pemakai komputer dengan terhubung ke internet. Web pada awalnya adalah ruang informasi dalam internet, dengan menggunakan teknologi hiperteks, pemakai dituntun untuk menemukan informasi dengan mengikuti link yang disediakan dalam dokumen web yang ditampilkan dalam browser

web.

Web memudahkan pengguna komputer untuk berinteraksi dengan pelaku internet lainya dan menelusuri (informasi) di internet. Selain itu web telah di adopsi oleh perusahaan sebagai bagian dari strategi teknologi dengan beberapa alasan, yaitu; akses informasi mudah, setup server lebih mudah, informasi mudah di distribusi, dan bebas platform, informasi dapat disajikan browser web pada sistem operasi mana saja karena adanya standart dokumen berbagai tipe data dapat di sajikan.


Browser Web


Browser web adalah software yang digunakan untuk menampilkan informasi dari server web. Software yang dikembangkan dengan menggunakan user interface grafis, sehingga pemakai dapat melakukan 'point and click' untuk pindah dalam dokumen. Internet explorer merupakan browser web GUI yang banyak dipakai.


Browser mengambil sebuah web page dari server dengan sebuah request. Sebuah request adalah sebuah HTTP standar yang berisi sebuah page address. Address terlihat seperti http://www.contoh.web.id/page.htm.


Browser menampilkan page dengan membaca intruksi-intruksi. Intruksi yang paling umum untuk menampilkan disebut dengan tag HTML. Tag HTML contohnya adalah seperti: <p>ini adalah paragraf</p>.


Server web adalah komputer yang digunakan untuk menyimpan dokumen-dokumen web, komputer ini akan melayani permintaan dokumen web dari klienya.Broser web seperti Explorer berkomunikasi melalui jaringan (termasuk jaringan internet) dengan server web, menggunakan HTTP. Berowser akan mengirimkan request kepada sever untuk meminta dokumen tertentuatau layanan lain yang disediakan oleh server. Server memberikan dokumen atau layananya jika tersedia juga dengan menggunakan protokol HTTP.


Pengenalan HTML


HTML singkatan dari Hyper Text Markup Language, dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan editor teks sembarang. dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang secara umum berisi informasi ataupun interface aplikasi di dalam

internet.


Dokumen HTML disusun oleh elemen-elemen. Elemen merupakan istilah bagi komponen-komponen dasar pembentuk dokumen HTML. Beberapa contoh adalah : head, body, table, paragraf, dan list. Elemen dapat berupa teks murni, atau bukan teks, atau keduanya.


Tag-tag dasar HTML


Tag dasar berarti elemen dasar, dokumen HTML secara mendasar terdiri atas teks informasi


a. HTML


HTML merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan

suatu keharusan bagi pemograman web untuk menuliskanya sebagai tag pertama dalam dokumen HTML.
<html>diawal dokumen dan </html>diakhir section head

b. Head


Head merupakan tag berikutnya setelah <html> untuk menuliskan keterangan tentang dokumen web yang akan di tampilkan.

<head>diawal setelah<html>, dan <,/head>diakhir section head.

c.Tittle


Tittle merupakan tag didalam head yang harus dituliskan untuk memberikan judul / informasi pada caption browser web tentang topik atau judul dari dokumen web yang ditampilkan dalam browser.

<tittle>Judul Dokumen </tittle>


d.Body


Body merupakan section utama dalam dokumen web. Pada section ini semua isi dokumen yang akan di tampilkan didalam browser harus dituliskan.

<body>diawal, segera setelah tag </head>
</body> diakhir, diletakan sebelum tag </html>
e. paragraf

Paragraf merupakan informasi yang disajikan dalam dokumen yang mengikuti kaidah-kaidah dalam penulisan (satu pikiran utama disimpan dalam satu paragraf). Setiap dimulai dengan memberi tag <p>, diakhiri paragraf tidak diharuskan menuliskan </p>, karena tag <p> tidak didefinisijkan mempunyai tag akhir. Setiap pergantian paragraf dimulai dengan <p> kembali.


Bukalah NOTEPAD.EXE atau NOTEPAD ++ kemudian masukan contoh kode sintaks dibawah ini dan simpan dengan extensi ".html", kemudian buka hasil yang disimpan tadi dengan browser anda.

Example01:


<HTML>

<HEAD>
<TITLE> Judul Halaman IN Everything
</TITLE>
</HEAD>
<BODY> 
Ini adalah homepage IN Everything
</BODY>
</HTML>


example01


EmoticonEmoticon